Kamis, 01 Juni 2017

EMAIL DI YAHOO DAN GMAIL



E-MAIL DI YAHOO DAN GMAIL
Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Teknologi Informasi
Dosen Pengampu: Bapak Muhammad Chodzirin


Disusun oleh :
Sani Atuzzulfa (1604026016)
Muhammad Ulil Mubarok (1604026029)
Zella Adillati (1604026041)

FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
2017




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Surat merupakan salah satu sarana komunikasi yang menggunakan media tulisan. Sampai saat ini, surat masih memiliki peran yang cukup penting dalam dunia komunikasi. Karena perannya yang cukup penting di dalam dunia komunikasi, sarana surat ini tetap saja digunakan dan bahkan dikembangkan menjadi lebih baik, salah satunya dengan munculnya email atau surat elektronik. Oleh karena itu, pada makalah ini akan diuraikan pembahasan tentang e-mail yang akan dijelaskan lebih lengkap pada bab-bab selanjutnya .

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian E-mail?
2.      Apa saja jenis layanan E-mail?
3.      Bagaimana E-mail di Yahoo dan Gmail?

C.    Tujuan
1.      Menjelaskan pengertian E-mail.
2.      Menjelaskan jenis layanan E-mail.
3.      Menjelaskan E-mail di Yahoo dan Gmail.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian E-mail
E-mail merupakan singkatan dari electronic mail (surat elektronik) yang dikerjakan oleh komputer dan berupa surat atau file digital dengan menggunakan internet sebagai konektifitasnya/penghubung yang menghubungkan antar email/surat elektronik tersebut.[1]
Surat elektronik ini bisa sampai ke tujuan hanya dalam waktu beberapa detik, meskipun jarak antara pengirim dan penerima berjauhan atau terpisah beribu-ribu meter. Pengiriman e-mail biasa dilakukan dengan menggunakan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protokol). Dalam hal ini, mail server (server yang menangani e-mail) segera menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat. Setiap pengirim atau penerima e-mail memiliki alamat e-mail. Contoh alamat e-mail adalah rahmanda@hotmail.com. Hotmail.com merupakan nama domain, sedangkan Rahmanda merupakan identitas unik pemakai e-mail yang membedakan dengan pemakai lainnya dalam domain yang sama.[2]

B.      Jenis Layanan E-mail
Menurut layanan yang diberikan, e-mail dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu POP mail, e-mail berbasis Web (webmail atau Webbased e-mail), dan e-mail forwading.
1.      POP (Post Office Protocol) mail adalah e-mail yang diambil dari penyedia internet (ISP). E-mail dapat diambil dari ISP dan kemudian ditempatkan pada komputer klien. Dengan demikian, e-mail dapat dibaca tanpa harus terhubung ke internet. Namun, hal ini juga sekaligus menjadikan kelemahan jenis e-mail ini karena e-mail yang sudah diambil tidak bisa dibaca dari tempat lain. Untuk mengambil e-mail diperlukan program e-mail client, seperti Microsoft Outlook ataupun Mozilla Thunderbird.
2.      Webmail adalah layanan e-mail yang ditujukan secara khusus untuk diakses melalui browser. Dengan kata lain, pemakai e-mail bisa mengakses e-mail tanpa perlu menggunakan program-program e-mail client. Layanan seperti ini dipelopori oleh Hotmail (www.hotmail.com). Saat ini selain Hotmail, terdapat banyak penyedia layanan Webmail. Contohnya antara lain adalah Yahoo! Mail (mail.lycos.com), Gmail (gmail.google.com), Lycos Mail (mail.lycos.com), dan Web Mail Plasa.com (login.plasa.com). keuntungan Webmail adalah pemakai dapat mengirim dan menerima e-mail dari mana saja dengan cukup menggunakan browser.
3.      E-mail forwarding adalah fasilitas yang memungkinkan pengalihan suatu e-mail ke alamat e-mail yang lain. Dengan kata lain, mail server yang melayani e-mail forwarding hanya bertindak sebagai perantara. Cara seperti ini memberikan keuntungan bagi pemakai bahwa alamat e-mail yang sebenarnya tidak terlihat oleh orang lain. Namun kelemahan e-mail ini adalah akan diterima sedikit lebih lama karena melewati tahap pengalihan e-mail. [3]

C.    Email di Yahoo dan Google
1.      Ymail/ Yahoo Mail
            Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat  di unduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. YM menawarkan berbagai fasilitas koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam hosting, text Message service, chat rooms.
                              Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
                                                             Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersebut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)
                              Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.
                              Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.
                                                             Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marisa Mayer.
                  Kelebihan Yahoo :
Ø  Selain mengobrol dengan cara mengetikkan percakapan kita, dengan Yahoo Messenger kita juga bisa mengobrol secara langsung seperti bertelepon. Tetapi kita membutuhkan headset dan koneksi internet yang stabil jika kita ingin mengobrol secara langsung.
Ø  Yahoo Messenger juga menyediakan layanan web cam, dimana kita bisa melihat lawan bicara kita. Untuk menggunakan fasilitas ini, kita membutuhkan kamera khusus yang terpasang di komputer kita. Layanan SMS ke telepon seluler juga bisa kita dapatkan secara gratis dengan menggunakan software ini.  
Ø  Dengan menggunakan Yahoo Messenger ini, kita juga bisa mengirimkan file dokumen dan bisa langsung dibuka oleh lawan bicara. Foto kita juga bisa kita pasang di jendela messenger.
Kekurangan Yahoo :
Ø  Tidak ada ruangan atau room untuk menampung semua pengguna yahoo dari penjuru dunia. Room tersebut dibagi-bagi menurut regional, hobby, aktivitas, dan masih banyak lagi room yang lain.
Ø  Tidak ada aplikasi yang tersedia di web yahoo messenger. Misalnya ketika kita sedang melakukan perbincangan di aplikasinya, kita juga dapat menggunakan aplikasi yang lain dengan teman perbincangan kita.
Ø  Emotion bergerak yang disediakan di web sangat terbatas.
Ø  Tidak ada tema yang bisa diubah-ubah. Tema tersebut adalah background layer dari yahoo messenger.[4]

2.      Gmail/ Google Mail
      Gmail adalah layanan surel milik Google. Gmail merupakan kepanjangan dari Google Mail. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004, dan pada tanggal 7 februari 2007 Gmail tersedia untuk publik, dan masih menyandang status beta.
      Kemudian Pada tanggal 7 Juli 2009, bersama seluruh layanan produk Google Apps, layanan ini sudah tidak Beta lagi. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4.
Fitur keunggulan Gmail :
1.      Perlindungan dari Spam.
2.      Mudah melakukan pencarian terhadap email-email Anda.
3.      Lebih mudah mengikuti diskusi, karena dibantu layout topik/thread yang tersusun dengan baik.
4.      Fasilitas chatting yang terintegrasi.
5.      Pengelompokan email dengan cara filtering/penyaringan, pemberian label dan bintang yang tidak terbatas.
6.      Dapat diakses dengan ponsel (mobile device).
7.      Kapasitas yang besar  dan makin besar.
8.      Ada Iklan tetapi tidak cukup mengganggu.
9.      Menghemat waktu.
10.  Gratis
Kelebihan Gmail :
1.      Tersedia aplikasi chatting yang mempermudah user untuk menghubungi orang - orang terdekatnya.
2.      Ruang penyimpanan yang lebih besar daripada pesaingnya.
3.      Bisa untuk login berbagai akun seperti youtube , blogger dan lain sebagainya yang dikelola oleh google.
4.      Tidak adanya iklan yang mengganggu user dalam pengaplikasiannya.
5.      User friendly dan interface yang bagus.
6.      Bebas dari email sampah yang memenuhi email yang tidak di perlukan.
7.      Bebas virus karena sebelum file di terima, file tersebut akan di scan terlebih dahulu.
8.      Akses sangat mudah, bisa menggunakan ponsel pintar dan PC.
Kekurangan Gmail :
1.      Tema yang kurang bervariasi.
2.      Tidak ada menu drag and drop sehingga user harus melakukannya secara manual.
3.      Kadang email spam masih lolos dari seleksi.[5]




BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
E-mail sangat membantu manusia dalam berkomunikasi, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Jenis-jenis layanan e-mail pun bermacam-macam, yaitu POP mail, e-mail berbasis Web (webmail atau Webbased e-mail), dan e-mail forwading. Sekarang, seseorang tidak perlu memiliki atau menyewa mailserver dengan membayar sejumlah uang untuk dapat memiliki ID e-mail. Mereka bisa memanfaatkan beberapa mailserver secara gratis misal Ymail atau Yahoo email dan Gmail atau Google mail untuk membuat ID e-mail pribadi.
Masing-masing E-mail tersebut juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Sehingga, penggunanya harus pandai memanfaatkan kelebihan dan kekurangan tersebut.

  


DAFTAR PUSTAKA

Kadir,Abdul. 2011.  Having Fun with Computers!{Pengenalan Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Remaja. Yogyakarta: C.V Andi.

Madcoms. 2010. Menggenggam Dunia dengan Internet. Yogyakarta: C.V Andi.
Anonim. 2013. Pengertian  Yahoo, diakses  dari http://acokgaul.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-yahoo_4.html, 27 April 2017.

Dewi. 2016. Pengertian Gmail, diakses dari http://blogpotdewi.blogspot.co.id/2016/09/gmail-google-mail-pengertian-gmail.html, 27 April 2017.





[1] Madcoms, Menggenggam Dunia dengan Internet, (Yogyakarta: C.V Andi, 2010), hlm 89.
[2] Abdul Kadir, Having Fun with Computers!{Pengenalan Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Remaja  (Yogyakarta: C.V Andi, 2011), hlm 270
[3] Abdul Kadir, Ibid, hlm 271-272.
[4] Pengertian Yahoo, diakses dari http://acokgaul.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-yahoo_4.html, diakses pada tanggal 27 April 2017 pukul 06.08.
[5] Pengertian Gmail, diakses dari http://blogpotdewi.blogspot.co.id/2016/09/gmail-google-mail-pengertian-gmail.html, diakses pada tanggal 27 April 2017 pukul 06.44.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FILSAFAT SAINS DAN ISLAM

SAINS DAN ISLAM A.     PENGERTIAN SAINS DAN ISLAM Sains atau mu’alam (bahasa Inggris : natural science ) adalah istilah yang di...