E-MAIL DI YAHOO
DAN GMAIL
Makalah
Disusun
Guna Memenuhi Tugas
Mata
Kuliah: Teknologi Informasi
Dosen
Pengampu: Bapak Muhammad Chodzirin
Disusun
oleh :
Sani
Atuzzulfa (1604026016)
Muhammad
Ulil Mubarok (1604026029)
Zella
Adillati (1604026041)
FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2017
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Surat merupakan salah satu sarana
komunikasi yang menggunakan media tulisan. Sampai saat ini, surat masih
memiliki peran yang cukup penting dalam dunia komunikasi. Karena perannya yang
cukup penting di dalam dunia komunikasi, sarana surat ini tetap saja digunakan
dan bahkan dikembangkan menjadi lebih baik, salah satunya dengan munculnya
email atau surat elektronik. Oleh karena itu, pada makalah ini akan diuraikan
pembahasan tentang e-mail yang akan dijelaskan lebih lengkap pada bab-bab
selanjutnya .
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian E-mail?
2.
Apa
saja jenis layanan E-mail?
3.
Bagaimana
E-mail di Yahoo dan Gmail?
C.
Tujuan
1.
Menjelaskan
pengertian E-mail.
2.
Menjelaskan
jenis layanan E-mail.
3.
Menjelaskan
E-mail di Yahoo dan Gmail.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian E-mail
E-mail merupakan singkatan dari electronic mail (surat elektronik)
yang dikerjakan oleh komputer dan berupa surat atau file digital dengan menggunakan
internet sebagai konektifitasnya/penghubung yang menghubungkan antar
email/surat elektronik tersebut.[1]
Surat elektronik ini bisa sampai ke tujuan hanya dalam waktu
beberapa detik, meskipun jarak antara pengirim dan penerima berjauhan atau
terpisah beribu-ribu meter. Pengiriman e-mail biasa dilakukan dengan
menggunakan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protokol). Dalam hal
ini, mail server (server yang menangani e-mail) segera
menghubungi tujuan dan kemudian mengirimkan surat. Setiap pengirim atau
penerima e-mail memiliki alamat e-mail. Contoh alamat e-mail
adalah rahmanda@hotmail.com. Hotmail.com merupakan nama domain, sedangkan Rahmanda merupakan
identitas unik pemakai e-mail yang membedakan dengan pemakai lainnya
dalam domain yang sama.[2]
B.
Jenis Layanan E-mail
Menurut layanan yang diberikan, e-mail dapat dikelompokkan menjadi
tiga kategori, yaitu POP mail, e-mail berbasis Web (webmail atau Webbased
e-mail), dan e-mail forwading.
1.
POP
(Post Office Protocol) mail adalah e-mail yang diambil
dari penyedia internet (ISP). E-mail dapat diambil dari ISP dan kemudian
ditempatkan pada komputer klien. Dengan demikian, e-mail dapat dibaca
tanpa harus terhubung ke internet. Namun, hal ini juga sekaligus menjadikan
kelemahan jenis e-mail ini karena e-mail yang sudah diambil tidak
bisa dibaca dari tempat lain. Untuk mengambil e-mail diperlukan program e-mail
client, seperti Microsoft Outlook ataupun Mozilla Thunderbird.
2.
Webmail
adalah layanan e-mail yang ditujukan secara khusus untuk diakses melalui
browser. Dengan kata lain, pemakai e-mail bisa mengakses e-mail
tanpa perlu menggunakan program-program e-mail client. Layanan seperti
ini dipelopori oleh Hotmail (www.hotmail.com). Saat ini
selain Hotmail, terdapat banyak penyedia layanan Webmail. Contohnya antara lain
adalah Yahoo! Mail (mail.lycos.com), Gmail (gmail.google.com), Lycos Mail
(mail.lycos.com), dan Web Mail Plasa.com (login.plasa.com). keuntungan Webmail
adalah pemakai dapat mengirim dan menerima e-mail dari mana saja dengan
cukup menggunakan browser.
3.
E-mail
forwarding adalah fasilitas yang memungkinkan
pengalihan suatu e-mail ke alamat e-mail yang lain. Dengan kata
lain, mail server yang melayani e-mail forwarding hanya bertindak
sebagai perantara. Cara seperti ini memberikan keuntungan bagi pemakai bahwa
alamat e-mail yang sebenarnya tidak terlihat oleh orang lain. Namun
kelemahan e-mail ini adalah akan diterima sedikit lebih lama karena
melewati tahap pengalihan e-mail. [3]
C.
Email di Yahoo dan Google
1.
Ymail/ Yahoo Mail
Yahoo! Messenger
(sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program
pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh yahoo!. Awal rilis bernama
Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan
dapat di unduh serta diakses menggunakan
Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya,
seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat
langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. YM menawarkan berbagai
fasilitas koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam
hosting, text Message service, chat rooms.
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman
buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni
Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota
karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit
pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak
membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang
besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk
memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk
menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry
and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana
berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan
Yang memilih kata tersebut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata
tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift:
“rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth
–kasar-)
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18
Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh
website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan
sebagai badan hukum.
Seperti kebanyakan mesin pencari pada
web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!,
MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat
pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas
jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada
portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi
perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.
Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan
bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marisa Mayer.
Kelebihan Yahoo :
Ø Selain mengobrol dengan cara mengetikkan percakapan kita, dengan Yahoo
Messenger kita juga bisa mengobrol secara langsung seperti bertelepon. Tetapi
kita membutuhkan headset dan koneksi internet yang stabil jika kita ingin
mengobrol secara langsung.
Ø Yahoo Messenger juga menyediakan layanan web cam, dimana kita bisa melihat
lawan bicara kita. Untuk menggunakan fasilitas ini, kita membutuhkan kamera
khusus yang terpasang di komputer kita. Layanan SMS ke telepon seluler juga
bisa kita dapatkan secara gratis dengan menggunakan software ini.
Ø Dengan menggunakan Yahoo Messenger ini, kita juga bisa mengirimkan file
dokumen dan bisa langsung dibuka oleh lawan bicara. Foto kita juga bisa kita
pasang di jendela messenger.
Kekurangan Yahoo :
Ø Tidak ada ruangan atau room untuk menampung semua pengguna yahoo
dari penjuru dunia. Room tersebut dibagi-bagi menurut regional, hobby,
aktivitas, dan masih banyak lagi room yang lain.
Ø Tidak ada aplikasi yang tersedia di web yahoo messenger. Misalnya
ketika kita sedang melakukan perbincangan di aplikasinya, kita juga dapat
menggunakan aplikasi yang lain dengan teman perbincangan kita.
Ø Emotion bergerak yang disediakan di web sangat terbatas.
Ø Tidak ada tema yang bisa diubah-ubah. Tema tersebut adalah
background layer dari yahoo messenger.[4]
2. Gmail/ Google Mail
Gmail adalah layanan
surel milik Google. Gmail merupakan kepanjangan dari Google Mail. Gmail
diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004, dan
pada tanggal 7 februari 2007 Gmail tersedia untuk publik, dan masih menyandang
status beta.
Kemudian Pada tanggal 7
Juli 2009, bersama seluruh layanan produk Google Apps, layanan ini sudah tidak
Beta lagi. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS,
protokol POP3 atau IMAP4.
Fitur
keunggulan Gmail :
1. Perlindungan
dari Spam.
2. Mudah
melakukan pencarian terhadap email-email Anda.
3. Lebih mudah
mengikuti diskusi, karena dibantu layout topik/thread yang tersusun dengan
baik.
4. Fasilitas
chatting yang terintegrasi.
5. Pengelompokan
email dengan cara filtering/penyaringan, pemberian label dan bintang yang tidak
terbatas.
6. Dapat
diakses dengan ponsel (mobile device).
7. Kapasitas
yang besar dan makin besar.
8. Ada Iklan
tetapi tidak cukup mengganggu.
9. Menghemat
waktu.
10. Gratis
Kelebihan
Gmail :
1. Tersedia
aplikasi chatting yang mempermudah user untuk menghubungi orang - orang
terdekatnya.
2. Ruang
penyimpanan yang lebih besar daripada pesaingnya.
3. Bisa untuk
login berbagai akun seperti youtube , blogger dan lain sebagainya yang dikelola
oleh google.
4. Tidak adanya
iklan yang mengganggu user dalam pengaplikasiannya.
5. User
friendly dan interface yang bagus.
6. Bebas dari
email sampah yang memenuhi email yang tidak di perlukan.
7. Bebas virus
karena sebelum file di terima, file tersebut akan di scan terlebih dahulu.
8. Akses sangat
mudah, bisa menggunakan ponsel pintar dan PC.
Kekurangan Gmail
:
1. Tema yang
kurang bervariasi.
2. Tidak ada
menu drag and drop sehingga user harus melakukannya secara manual.
3. Kadang email
spam masih lolos dari seleksi.[5]
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
E-mail sangat membantu manusia dalam berkomunikasi, baik jarak
dekat maupun jarak jauh. Jenis-jenis layanan e-mail pun bermacam-macam, yaitu
POP mail, e-mail berbasis Web (webmail atau Webbased e-mail),
dan e-mail forwading. Sekarang, seseorang tidak perlu memiliki atau
menyewa mailserver dengan membayar sejumlah uang untuk dapat memiliki ID
e-mail. Mereka bisa memanfaatkan beberapa mailserver secara gratis misal Ymail
atau Yahoo email dan Gmail atau Google mail untuk membuat ID e-mail pribadi.
Masing-masing E-mail tersebut juga memiliki kekurangan dan
kelebihan. Sehingga, penggunanya harus pandai memanfaatkan kelebihan dan
kekurangan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Kadir,Abdul. 2011. Having Fun with Computers!{Pengenalan
Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Remaja. Yogyakarta: C.V Andi.
Madcoms.
2010. Menggenggam Dunia dengan Internet. Yogyakarta: C.V Andi.
Anonim. 2013. Pengertian Yahoo, diakses dari http://acokgaul.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-yahoo_4.html,
27 April 2017.
Dewi. 2016. Pengertian Gmail,
diakses dari http://blogpotdewi.blogspot.co.id/2016/09/gmail-google-mail-pengertian-gmail.html, 27 April 2017.
[1] Madcoms, Menggenggam
Dunia dengan Internet, (Yogyakarta: C.V Andi, 2010), hlm 89.
[2] Abdul Kadir, Having
Fun with Computers!{Pengenalan Teknologi Informasi & Komunikasi untuk
Remaja (Yogyakarta: C.V Andi,
2011), hlm 270
[3]
Abdul Kadir,
Ibid, hlm 271-272.
[4]
Pengertian
Yahoo,
diakses dari http://acokgaul.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-yahoo_4.html, diakses pada
tanggal 27 April 2017 pukul 06.08.
[5]
Pengertian
Gmail, diakses
dari http://blogpotdewi.blogspot.co.id/2016/09/gmail-google-mail-pengertian-gmail.html, diakses pada
tanggal 27 April 2017 pukul 06.44.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar